Kisah Mbah Karsiman Yang Hidup Seorang Diri, Tapi Saat Meninggal Dunia Bikin Bahagia Warga Satu Kampung

Jumlah peserta sebanyak 166 presenter yang berasal dari empat negara; yaitu Indonesia, Australia, Taiwan dan Malaysia. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan pemaparan materi oleh para pembicara saja, akan tetapi para peserta dapat mempresentasikan hasil penelitiannya secara daring. Selain itu juga, dilakukan Workshop yang memberikan panduan dan strategi untuk dapat mempublikasikan di jurnal-jurnal bereputasi. SANEC 2020 dengan tema “Peran Generasi Millenial Dalam Menghadapi Tantangan Global melalui Optimalisasi Pembangunan dan Revitalisasi Kearifan Lokal untuk Mencapai Sustainable Development Goals 2030, diikuti oleh a hundred PRAGMATIC PLAY and five Tim dengan jumlah 234 peserta dari forty four Perguruan Tinggi se Indonesia. Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum dalam sambutanya mengajak warga UNNES untuk terus bergerak meningkatkan kapasitas kampus.

Viral live di tik-tok menghitung beras

Mengawali paparannya, Prof Amin menjelaskan, UNNES sebagai kampus berwawasan konservasi memiliki tiga pilar konservasi yakni konservasi nilai dan karakter; konservasi seni dan budaya; dan konservasi sumber daya alam dan lingkungan. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNNES, Dr Abdurrahman MPd sangat mengapresiasi prestasi yang diraih mahasiswa jurusan Sosiologi dan Antropologi Elsa lutmilarita Amanatin dan Muh Iqbal Arif Amrullah. Beliau berharap di tengah situasi pandemi covid-19 ini mahasiswa tidak mengurangi produktivitasnya untuk terus meraih prestasi. Kita dapat mengadakan workshop dan seminar terutama terkait dengan peran pemuda dalam melawan Covid-19. Kemudian dapat kita lihat melalui kelebihan IPTEK generasi muda yakni mereka mampu menciptakan pesan protokol kesehatan yang menarik baik dalam bentuk leaflet, foto, maupun video,” ungkap dosen sekaligus Kepala Laboratorium Jurusan PKn tersebut. Prof Eva Banowati menyampaikan, program ini diharapkan menjadi cikal bakal lahirnya mahasiswa yang berjiwa berkompetitif dan siap bertarung dalam berbagai ajang kompetensi baik nasional maupun internasional yang memiliki karakter kolaboratif dan mampu bekerjasama dalam tim untuk pencapaian prestasi.

Prof Fathur juga mendorong untuk menekankan nilai dan karakter sebagai upaya menciptakan Sumber Daya Manusia yang Unggul. Rektor UNNES Prof Fathur Rokhman MHum dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Perayaan Bulan Fakultas November Justitia ke-13 Tahun FH merupakan bagian upaya untuk menuguhkan UNNES yang meiliki visi Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional. “Diawali dengan pemberian pemahaman konsep mengenai permainan tradisional dan penyampaian makna serta nilai yang terkandung didalamnya. Dilanjutkan dengan penayangan video permainan tradisional melalui youtube untuk mengaktifkan ingatan anak-anak di Dusun Kalinongko Kabupaten Grobogan tentang cara bermain permainan tradisional. Terakhir yaitu praktik permainan tradisional secara digital melalui gmeet dengan bantuan orang tua anak. Dalam pelaksanaan terkadang terkendala oleh sinyal mitra yang berada di desa yang membuat macet-macet saat menggunakan Gmeet.

Kepala UPT Konservasi Prof Amin Retnoningsih menyampaikna kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan untuk memperingati Dies Natalis UNNES ke-56 dengab melibatkan 925 peserta dari 21 Perguruan tinggi, 15 sekolah, UMKM, dinas dan Lembaga lainnya. UPT Pengembangan Konservasi Universitas Negeri Semarang berkolaborasi dengan Tim Solusi Limbah Kampus UI GreenMetric menyelenggarakan lokakarya pengolahan limbah sampah menjadi produk bernilai ekonomi secara Daring, Sabtu, 20/3. Di era new normal saat ini, produktivitas dan peran pemuda dengan gagasannya sangat dibutuhkan untuk mengembangkan segala sektor kehidupan. Prof Fathur menambahkan, bagi peserta yang belum dinyatakan lulus jangan berkecil hati, dan terus berusaha serta mengikuti tahapan seleksi berikutnya yaitu UTBK-SBMPTN tahun 2021. Habib Hasan juga memiliki hubungan kekerabatan dengan keluarga Keraton Yogyakarta, karena menantu Sultan Hamengku Buwono II dan ipar Hamengku Buwono III. Karena hal itu, Habib Hasan mendapatkan gelar Raden Tumenggung Sumodiningrat, Pati Lebet Kerajaan Mataram atau kerap disebut Syekh Kramat Jati.

Saya berharap kaloborasi dan senergi terus terjalin untuk FIK UNNES yang lebih keren,” ajak Tulus. Ketua panitia PKKMB FIK Tulus Wahyu Widodo menyampaikan terima kasih atas kekompakan mahasiswa baru dalam menyukseskan pemecahan Rekor Leprid menyanyikan mars patriot olahraga. Hingga saat ini, Ia terus berupaya untuk membangun kesadaran akan pentingnya penerjemahan pada setiap karya sastra dan karya akademik lainnya. Turut hadir mewakili ke-25 Perguruan Tinggi peserta PERMATA-SAKTI, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Hubungan Masyarakat Universitas Mulawarman Dr Ir Bohari Yusuf MSi yang menyampaikan terima kasih atas kesediaan UNNES menerima mahasiswa peserta Program PERMATA-SAKTI. Rektor UNP menyampaikan bahwa setiap universitas mempunyai kelebihan dan kekurangan, untuk itu kolaborasi merupakan kunci untuk meningkatkan kinerja dan kapasitas dalam meningkatkan target kerja. Sedangkan pada hari pertama diselenggarakan workshop dengan tema “Pekerjaan Kantor di Era New Normal”.

Oleh karena itu, Pusat Inovasi dan Komersialisasi Universitas Negeri Semarang menuangkan ide berupa Budidaya Ikan dan Sayuran Dalam Ember . Ide tersebut sebagai wujud kepedulian civitas akademika untuk membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pangan yang higienis dan ekonomis serta bersifat kontinue. “melalui perjuangan mahasiswa dan pembimbingan para dosen Alhamdulillah prestasi ini dapat menjadikan UNNES menduduki peringkat tuju nasional. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Abdurrahman Mengatakan perolehan prestasi kontingen Pimnas UNNES tidak terlepas dari upaya perjuangan mahasiswa dan dosen pembimbing. Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengucapkan selamat atas keberberhasilan tim PIMNAS meraih prestasi yang membanggakan sehingga pada PIMNAS tahun ini UNNES menduduki peringkat tuju nasional. Universitas Negeri Semarang meraih peringkat 7 Nasional pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional Ke 33 yang diselenggarakan di Universitas Gadjah Mada .

UNY memiliki komitmen dalam meningkatkan riset pendidikan agar menjadi ciri khas universitas yang diharapkan dapat bersaing dengan produk inovasi perguruan tinggi lainnya. Nuansa riset pendidikan di UNY sangat kuat sehingga sangat potensial dalam mengahasilkan inovasi di bidang pendidikan. Sistem pengukuran TKT dan Katsinov di UNY masih sama dengan UNNES yaitu masih dilakukan secara mandiri oleh dosen. Oleh sebab itu, dari hasil kunjungan tersebut menghasilkan rencana kerjasama antara UNY dan UNNES dalam membuat sistem pengukuran TKT dan Katsinov. Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran, peserta mengisikan nilai rapor semester 1-5 dan prestasi, peserta mengunggah scan dokumen rapor semester 1-5. Peserta yang memilih program studi seni dan olahraga mengunggah portofolio uji keterampilan sesuai dengan ketentuan,” pungkas Kepala UPT Humas UNNES.