Ini Ideas Agar Anak Suka Makan Sayur Sejak Kecil Halaman All

Sayuran bisa dicincang kemudian diolah menjadi campuran bakso atau nugget. – Salah satu hal yang banyak di takuti oleh anak kecil adalah jika disuruh makan sayur. Tak hanya anak kecil saja yang tidak suka makan sayur, orang dewasa pun banyak yang tidak suka makan sayur. Padahal seperti yang kita tahu jika sayur-mayur memiliki vitamin, mineral dan nutrisi yang sangat baik untuk perkembangan tubuh sang anak. Berikan kesan menyenangkan terhadap makan sayuran dengan tempat makan lucu, atau bentuk penyajian yang menarik.

Cara agar anak mau mengkonsumsi sayur

Ketika Si Kecil menginjak usia 6 bulan, maka ia sudah siap untuk menerima makanan selain ASI. Moms bisa mengenalkannya pada saat Si Kecil mulai mengkonsumsi MPASI . Bisa juga pertumbuhan anak tidak sama dengan teman-temannya yang biasa mengonsumsi sayur. Tim peneliti mengatakan semua orang tua tahu betapa sulitnya menyuruh anak-anak untuk makan sayuran dengan banyak menawarkan hadiah atau suguhan sebagai imbalan.

Dilema terbesar yang dialami sebagian besar orangtua adalah bagaimana menjadikan sayur untuk anak sebagai salah satu menu yang mereka tunggu-tunggu. Tentunya banyak strategi yang bisa dilakukan, tapi wajib untuk tidak membuat anak merasa terpaksa. Ajak anak juga ikut berpartisipasi dalam menyajikan buah dan sayur.

Anak yang menolak memakan wortel atau jagung yang hambar, mungkin akan mau memakan sup sayuran. Jika hal itu terjadi, tambahkan beberapa sayuran beku atau kalengan ke dalam sup saat memasaknya. Selain itu, orangtua juga dapat melibatkan anak dalam membantu merawat tanaman sayur. Memberikan contoh langsung di depan anak dapat membuat anak tertarik untuk menirukan apa yang kita lakukan. Mereka akan melihat agenda memakan sayur sebagai hukuman dan aktivitas yang tidak menyenangkan.

Banyak hal yang keluar dari mulut kita, entah itu menakuti mereka dengan uang jajan, dilaporkan pada Pak Polisi, sampai makan sayur. Pastikan juga Anda menyajikan makanan lainnya yang sudah ia sukai. Biarkan mereka mencuci, mengupas, dan mengirisnya dan membantu memilih cara memasak dan membumbui itu. Anak-anak akan lebih mungkin memakan apa yang mereka bantu buat.

Selain variasi bentuk penyajian, Anda juga bisa dengan cermat mencampurkan sayuran ke dalam makanan yang mereka sukai. Misal Anda bisa mencampurkan beberapa jenis sayur ke dalam adonan nugget ayam buatan Anda. Sayuran seperti wortel hingga brokoli bisa dicampurkan ke dalam adonan nugget sehingga si kecil tidak menyadari bahwa mereka mengkonsumsi sayur dalam makanannya. Agar anak lebih tertarik untuk mengkonsumsi sayuran, cobalah untuk berkreasi dengan sayuran tersebut sebelum dihidangkan. Anda bisa berkreasi dengan membuat bentuk tertentu dari makanan tersebut. Misalnya Anda membentuk sayuran tersebut menjadi berbentuk wajah orang yang tersenyum ataupun hati, maka anak akan penasaran dan mau memakannya.

Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimum untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan Casino Online pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Bagusnya sih Anda membuatnya sendiri, agar kesehatan dan kebersihannya lebih terjamin.