20 Cara Mengurangi Pengeluaran Saat Belanja

Toko Retail biasanya memiliki banyak pesaing, sehingga mereka akan menggunakan kupon ataupun promo untuk menarik pelanggan. Gunakan kesempatan-kesempatan ini untuk menghemat belanja dapur Anda. Sedangkan 30% pendapatan keluarga dipergunakan untuk membayar berbagai cicilan utang. Lalu 10% pendapatan dialokasikan untuk tabungan dan investasi. Ada cara mengaturmanajemen keuangankeluarga yang bisa dilakukan dengan rumus sederhana, yakni 50 – 30 – 10 – 10. Dengan rumus tersebut, 50% dari complete PRAGMATIC PLAY pendapatan keluarga akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan biaya hidup.

Cara terbaik untuk menggunakan pendapatan yang kecil adalah membuat rencana belanja bulanan dengan menggunakan anggaran yang tertulis. Banyak orang yang kesulitan mengatur keuangan keluarganya karena cicilan rumah sudah memotong sebagian besar dari gaji bulanan. Sebaiknya cicilan rumah tidak lebih dari 25 persen dari complete gaji yang diperoleh setiap bulannya. Terakhir yang tidak kalah penting adalah memilih tempat berbelanja yang tepat. Jika Anda lebih nyaman berbelanja di grocery store, Anda harus bisa memperkirakan harganya yang akan lebih mahal dari pasar tradisional.

Kalau kamu rutin mengunjungi toko, entah itu toko kopi, restoran, atau salon, tak ada salahnya untuk membuat kartu member di sana. Biasanya untuk menjadi member atau mendapatkan reward kamu perlu berbelanja beberapa kali di toko tersebut. Nah setelah itu kamu bisa mendapatkan penawarn menarik, seperti diskon atau purchase one get one free. Pengeluaran keluarga milenial untuk belanja kebutuhan sehari-hari tiap bulan ini cukup lumayan besar lho. Nah, bila kamu bisa lebih cerdas berbelanja bulanan, kamu bisa lebih hemat.

Trust us, setelah mencoba metode memasak ini kamu jadi tak malas untuk bermain ke dapur. Cosmo tahu bukan jadi hal yang mudah untuk tidak jadi Miss Boros. But darling, ada lho cara untuk berhemat yang mudah dan tidak menyiksa kamu.

Yang jelas, dalam aspek membuat anggaran tentu sangat relatif. Semua itu tergantung dengan kebutuhan serta kondisi baik inside maupun eksternal yang mempengaruhi setiap individu. Misalnya, membeli kamera terbaru yang lebih pro, membeli pakaian yang menarik untuk sesi pemotretan, menjamu klien, atau aspek-aspek lainnya yang dapat mendukung kinerja lebih maksimal. Dari sini, kamu harus menetapkan anggaran terlebih dahulu dengan uang Rp 1 juta sebagai referensi utama.

Cara agar hemat dalam berbelanja bulanan

Tips keuangan keluargaakan berbeda-beda sesuai dengan besaran pendapatan dan pengeluaran dari masing-masing keluarga. Misalnya, keluarga yang memiliki 2 sumber pendapatan tentu lebih leluasa dalam mengalokasikan pengeluaran dan tabungan. Namun, bukan berarti keluarga dengan 1 sumber pendapatan terbatasi dalam memaksimalkan keuangannya.

Saat uang bulanan dari orang tua turun, ada baiknya kamu langsung mengaturnya saat itu juga sebelum terlanjur digunakan. Sisihkan pengeluaran rutin seperti untuk membayar kos, uang makan selama satu bulan, biaya transport ke kos atau biaya pulsa atau paket information. Dari uang belanja bulanan, kamu bisa menyisihkannya untuk membeli kebutuhan yang sifatnya tahan lama, seperti sampo, pasta gigi, sabun, gasoline, beras, bumbu dapur, dan lain-lain. Maka dari itu, agar anggaran belanja rumah tanggamu nggak membengkak, berikut ideas tetap hemat saat belanja kebutuhan rumah tangga. Hemat, efisien, dan penuh pertimbangan menjadi kunci dalam mengatur keuangan.

Kamu bisa membandingkan harga barang dengan jenis yang sama namun beda merek, atau beda lokasi pembelian. Biasakan membuat catatan belanja, apa saja yang harus Anda beli. Gunakan juga kacamata kuda, supaya Anda tak tergoda untuk membeli barang-barang yang tak perlu.