Tanpa Monetary Planner, Ini 10 Cara Mudah Mengatur Keuangan Di Tahun Baru

Asuransi adalah hal penting untuk melindungi aset kamu, baik jiwa maupun kepemilikan. Asuransicashlessakan memudahkan jika tiba-tiba mengalami masalah yang membutuhkan dana tidak sedikit. Pastikan saat membeli sebuah produk dengan membandingkan harga barang, baik itu barang elektronik,smartphoneataupun kebutuhan sehari-hari. Kamu bisa memanfaatkan internet Kong4D untuk melihat harga-harga kebutuhan yang ingin kamu beli. Namun tidak ada kata terlambaut untuk menabung dan menjadi lebih baik ke depannya.

Cara mengatur keuangan dengan mudah

Khususnya dalam mengendalikan pengeluaran dan keuangan setiap bulannya. Untuk Anda yang belum menyadari bagaimana pentingnya dana darurat. Jangan berkecil hati, karena tidak ada kata terlambat untuk mengumpulkan dana darurat. Tips mengatur keuangan yang satu ini wajib dilakukan dengan konsisten.

Lalu, agar Anda tidak tergoda untuk mencairkan dana-dana di pos tabungan, Anda bisa memilih rekening yang tidak mempunyai kartu ATM. Dalam pembuatan laporan keuangan, Anda perlu menghitung dan mencatat uang yang masuk dan keluar setiap hari kerja. Hal ini perlu dilakukan agar arus kas tercatat dengan rapi, sehingga Anda dapat mengetahui dengan jelas aliran dana dan merencanakan keuangan bisnis Anda. Anda pun lebih dapat mengontrol pengeluaran agar tidak lebih besar daripada penghasilan. Jika Anda memiliki arus kas negatif,dari waktu ke waktu, Anda akan mengalami bulan yang buruk di mana pengeluaran Anda membebani penghasilan Anda. Jika tujuan Anda adalah kebebasan finansial, Anda tidak dapat membiarkan ini terjadi sesering mungkin.

Tapi sayangnya, enggak semua remaja sudah paham cara mengelola uang yang baik dan benar. Imbasnya, Quipperian pasti sering kebingungan dalam membedakan antara kebutuhan dan keinginan saat menggunakan uang. Anda bisa berinvestasi dengan modal yang minim karena beberapa instrumen investasi bisa Anda miliki dengan biaya yang terjangkau, misalnya emas, deposito, dan reksa dana. Dilansir dari detik.com, memanfaatkan KPR merupakan salah satu cara untuk mempermudah keinginan membeli rumah. Pilihlah KPR yang tepat dan cobalah memperpanjang tenor cicilan, karena saat ini tersedia berbagai tenor dari 5 tahun sampai 25 tahun.

Namun, kalau masih merasa kesulitan, dapat minta bantuan penasihat keuangan. Yang pasti, untuk dana darurat, harus bisa menyimpan dana darurat kali biaya kebutuhan pokok bulanan kamu. Misalnya, biaya bulanan kamu Rp3 juta, dana darurat yang dimiliki minimal Rp9 juta. Dengan berinvestasi, kamu bisa menyisihkan sedikit demi sedikit uang untuk masa depan.