Sukses Menjadi Mahasiswa Pengusaha

Ia mengaku dirinya tidak mungkin hanya mengandalkan pemberian orang tua saat merantau di Jakarta. Milenial ini bertekad membuka usaha jualan seluler hasil dari tabungannya sendiri meski awalnya mendapat penolakan dari kedua orang tuanya. Gak menutup kemungkinan, kalau mau menekuni usaha yang udah dimulai sejak masih duduk di bangku kuliah, kamu bisa #MerdekaFinansial dalam kurun waktu yang terbilang singkat. Kondisinya perlahan berubah sejak ia diminta membuat makanan untuk acara sekolah temannya.

UU ini memberikan ruang yang cukup bagi teman-teman mahasiswa yang mau jadi kuliah jadi pengusaha,” ujar Bahlil dalam pernyataannya, Sabtu(7/11/2020). Faisal yang mengaku berasal dari keluarga biasa ini punya pengalaman pahit tiap jelang Lebaran. Gara-gara keluarganya tak memiliki mobil, mereka harus berpencar menebeng mobil saudara. Hal tersebut berlangsung selama bertahun-tahun hingga membuat Faisal bertekad untuk memiliki mobil sendiri. Faktanya, memang bukan hal yang mudah untuk menjalani perkuliahan sembari berbisnis. Tapi, para mahasiswa yang bakal kita bahas berikut ini berhasil menjalani keduanya dengan baik.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Pendekatan berbasis permainan, proyek, builder ataupun maker dimaksudkan agar talenta memiliki pemikiran berbasis engineer. Jika kamu mempunyai hobi melukis, kamu bisa meningkatkan imajinasi dan kreativitas kamu untuk menciptakan hal-hal yang baru dengan lukisan. Keahlian-keahlian ini dapat menghasilkan berbagai produk kerajinan yang bernilai seni tinggi. Dan makna dari lukisan yang dibuat bisa menjadi sumber penghasilan untuk kamu. Banyak barang yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat suatu produk kerajinan tangan seperti dari barang bekas, kain perca, kertas daur ulang, atau kardus bekas.

Namun usai konser, banyak followers dan masyarakat luas yang suka akan produknya tersebut. Rupanya, kesuksesan membangun organisasi seni di dalam fakultas hukum yang sering diasosiasikan kaku menuntunnya pada kelok lain perjalanan hidup. Rasa cinta itu tumbuh tatkala dirinya menikmati kuliah hak kekayaan intelektual . Muthia menemukan ada irisan bidang hukum yang dipelajarinya dengan dunia seni yang disukai sejak kecil.

Kemampuan mereka dalam melihat peluang dan kemauan untuk terus berinovasi, menjadi ‘bekal’awal yang pada akhirnya membawa bisnis mereka bertumbuh sukses, bahkan bisa memberikan solusi bagi masyarakat. Khoirul memulai karirnya sebagai wirausaha sejak tahun 2015 dengan modal Rp one hundred fifty ribu. Dengan modal yang minimalis Koirul terus mencari relasi untuk dijadikan rekan bisnis.“Mencari orang yang paling berpengaruh yang bisa membawa dan menggerakkan banyak massa dalam bidang pemasaran,” ujarnya.

Sesi selanjutnya yakni penyampaian materi dari narasumber pertama yaitu M. Dalam pemaparannya islah memberikan motivasi sekaligus 5 jurus dalam membesarkan bisnis di period digital yang Fokus, percepatan akselerasi, Bangun Super Team, Kolaborasi dan bangun system. Karena mereka bukan UMKM formal alias casual modal UMKM minimal Rp5 juta izinnya Rp7 juta. Makanya UU ini diberikan ruang sebesar-besarnya untuk UMKM,” ujarnya.

Merintis usaha di bidang peternakan tak lepas dari komentar negatif keluarga dan teman Jian. Keluarga juga menganggap bahwa ternak sapi itu cuma sampingan atau tabungan, tidak bisa sukses. “Sekarang Jian melihat banyak orang yang memiliki modal tergiur dengan usaha bidang peternakan, tapi mereka tidak tahu ilmunya” tambah Jian. Memulai bisnis tidak mutlak dari modal yang banyak, banyak juga pengusaha sukses yang memulai bisnisnya dari nol. Pertama, mereka yang melanjutkan bisnis keluarga dan dimodali orang tua. Kesemua ilmu pengetahuan ini sudah dipelajari oleh mahasiswa yang mengambil program studi-program studi yang ada pada Fakultas Ekonomi.

Lebar