Sukses Membangun Wirausaha Sejak Mahasiswa

Kemudian Anda dituntut kreatifitasnya membuat desain kaos yang paling keren untuk dijual. Semakin keren desain Anda, semakin banyak pula orang yang membelinya. Bisnis jasa desain grafis merupakan bisnis yang memerlukan modal kecil. Namun bisnis ini menuntut ketrampilan mengoperasikan software program, misalnya saja photoshop untuk membuat desain grafis. Bisnis jasa penulis merupakan bisnis on-line mahasiswa yang hobi menulis. Selain menjadi penulis online mahasiswa dapat mencoba menjadi kontributor sebuah situs online.

Bahlil juga ditugasi Jokowi untuk merangkul pengusaha kecil atau UMKM. Menurut Presiden, kolaborasi antara pengusaha besar dan UMKM ini bisa menjadi instrumen pendorong pertumbuhan perekonomian dan juga investasi. Lanjutnya, kementerian baru ini ujar Bahlil akan menjadi kunci utama dalam mensinergikan investasi dari berbagai sektor baik dari dalam maupun luar negeri dalam satu pintu. Kementerian Investasi ini juga diharapkan bisa menjadi jembatan penghubung yang baik antara pemerintah pusat dan daerah dalam hal birokrasi. Dia mengatakan bahwa larangan ini berlaku untuk semua elemen masyarakat. “Berlaku untuk seluruh ASN, TNI/Polri BUMN karyawan swasta, maupun pekerja mandiri dan seluruh masyarakat,” ujarnya.

‎Yana mengungkapkan, saat ini Pemerintah Kota Bandung memiliki banyak fasilitas dan program yang mendukung pencetakan wirausaha. Tinggal komitmen serta konsistensi dari masyarakat untuk siap menekuni dunia usaha. Mahasiswa generasi muda penerus bangsa yang paling lama dalam bidang akademik. Banyak pengalaman sosial yang didapatkan membuat masyarakat menyebut mereka sebagai kaum intelektual. Mahasiswa mempunyai kepekaan berkontribusi terhadap permasalahan yang terjadi di luar dirinya maupun kegiatan kampus.

Cara lain yang bisa dilakukan, misalnya kamu seorang yang senang melukis. Kamu bisa melukis dan menjadikan hasil karya lukis kamu menjadi usaha kamu yang tentu saja bisa mendulang uang. Pastikan kamu mengenali betul apa passion kamu jika modal uang tidak punya. Setidaknya dengan passion, hobi dan kesenanganmu bisa dijadikan lahan untuk menciptakan sesuatu. “Kendala yang dihadapi tidak menyurutkan semangatnya dalam menjalani usaha.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Karena itu, anda sebagai mahasiswa dituntut untuk dapat berpikir lebih kritis dan kreatif, agar segala permasalahan dapat terselesaikan dengan baik, hidup mandiri dan tidak hanya mengandalkan kiriman dari orang tua. Dengan menjadi pengusaha, lanjut Thania ia juga dapat menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain. Mulai dari mengajak teman dekat atau keluarga yang memiliki ketertarikan untuk belajar bersama. Teruslah perluas kreatifitas Anda dengan mencari inspirasi dari berbagai sumber seperti di Instagram, Facebook, Pinterest atau media cetak.

Lebar