Penting! Ini 5 Suggestions Mengatur Keuangan Di Masa Pandemi

Bukan hanya bisa menyelamatkan stabilitas ekonomi keluarga jika terjadi hal-hal buruk, dana darurat bisa kamu gunakan dalam keadaan mendesak lainnya. Misalnya saat sakit, membutuhkan gawai baru saat yang lama rusak mendadak, hingga membetulkan rumah jika rumah terjadi kerusakan yang harus segera diperbaiki. Isu resesi yang melanda Indonesia akibat pandemi COVID-19 semakin marak terdengar. Untuk menghadapinya, kita harus bisa mulai mengatur keuangan dengan baik. Selain harus lebih berhemat, kita juga harus lebih bijak dan cerdas dalam mengelola keuangan.

Tips mengatur keuangan

Karena Akseleran sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan , serta memiliki proteksi asuransi kredit dan hampir 98% pinjaman memiliki agunan. Terakhir, cara mengatur keuangan dengan mengubah kebiasaan menggunakan uang. Jika kamu selama ini punya kebiasaan sehabis gajian langsung membuka halaman e-commerce untuk membeli sesuatu sebenarnya sah-sah saja. Jangan sampai ini malah membuat kamu kalap membeli sesuatu yang tidak diperlukan. Bila kamu merasa tabungan sudah cukup banyak, coba pertimbangkan untuk memulai investasi. Cara mengatur keuangan ini bisa membantumu menjamin keadaan finansial di masa yang akan datang.

Perancana Keuangan Eko Endarto mengatakan bisnis katering bisa jadi solusi memperoleh uang tambahan di luar gaji tetap dari kantor Anda. Meskipun kita sudah mengelola keuangan dengan sangat teliti namun tak jarang kita lupa dan merasa bingung dengan pengeluaran yang tidak tahu ke mana rimbanya. Untuk mengatasi ini Kamu bisa mengunduh aplikasi pengatur keuangan. Contoh aplikasinya adalah Money Lover Expense Manager, Money Control by AGBA Android Apps, Expense Manager by Accountstudio, Toshl Finance, Uang Ku – Expense Tracker atau Money Manager. Cara ini memang sedikit menyakitkan untuk dilakukan, namun jika rutin dilakukan akan berimbas baik pada keuangan. Makan enaklah di akhir bulan dan nontonlah di pertengahan bulan untuk memberikan motivasi diri agar terus konsisten menabung dan irit demi pengelolaan uang yang sukses.

Produk unggulan dari kami untuk Anda adalah Danamon Cash Connect, versi baru web banking kami untuk membantu pengelolaan keuangan bisnis Anda. Apalagi jika kamu meminjam uang bukan untuk memenuhi kebutuhan primer. Pasalnya, Islam sangat menganjurkan umatnya untuk berdagang atau memiliki usaha sendiri. Modal pertama untuk transportasi dan konsumsi, sementara modal kedua untuk tabungan usaha atau invetasi.

Selanjutnya adalah mengalokasikan keuntungan tersebut dengan baik. Atur keuntungan tersebut dan bagi ke beberapa pos berdasarkan catatan yang kamu punya. Berapa persen untuk dana cadangan, berapa persen untuk produksi, berapa persen untuk modal, gaji karyawan, dan sebagainya. Dengan cara ini, uang perusahaan tidak macet dan bisa terus berputar. Masalah yang datang sangat mungkin berpengaruh pada keuangan bisnismu.

Kegiatan investasi tidak serta merta harus berhenti di masa krisis, termasuk selama pandemi COVID-19 ini. Bagaimanapun, investasi merupakan jalan bagi kita untuk mencapai tujuan finansial di masa depan. Yang perlu kita lakukan adalah mengocok ulang portofolio investasi hingga sesuai dengan kondisi di masa krisis. Namun percayalah, tidak mudah untuk tidak terjebak dalam kepanikan saat kita berada di situasi krisis. Menjelang atau selama masa krisis, kita akan mendengar banyak rumor ini itu, atau bahkan hoax.Nah,di saat menerima kabar yang belum jelas kebenarannya, kita sebaiknya tidak langsung bereaksi. Cek dan ricek terlebih dulu informasi yang kita terima, daripada kita menyesal belakangan.

Lebar