Peluang Bisnis Kost

Semoga dapat membantu Anda untuk memberikan gambaran apa saja yang akan Anda persiapkan. Jangan sampai anda salah dan melakukan kesalahan dalam menyiapkan bisnis yang satu ini. Berikut ini ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh pebisnis kost-kostan amatir. Pengelolaan sepenuhnya ia lakukan sendiri dengan dibantu satu orang pembantu yang dipekerjakannya untuk membersihkan space kost-kostan sekaligus untuk menjaga keamanan kos.

Jika fasilitas yang didapatkan oleh penyewa sesuai, maka mereka akan menerimanya secara wajar. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan membeli dan membangun rumah untuk penyewaan kamar kos-kosan, ada baiknya Anda membandingkan harga tanah dan mencari yang harga tanahnya paling rendah. Lakukanlah riset dan survey pada setiap penjualan tanah serta pertimbangkalah lokasinya agar Anda bisa mendapatkan harga yang paling baik.

Pemilik kost sebaiknya mengikuti perkembangan zaman atau teknologi saat ini untuk mempermudah penyewa dan pemilik. Misalnya, pembayaran tidak harus dilakukan denga cara money, tetapi bisa dilakukan dengan switch Internet Banking. Untuk memperlancar komunikasi dengan si penyewa gunakan aplikasi Whatsapp atau Line dengan para penyewa untuk menerima keluhan dan saran perbaikan fasilitas. Oleh sebab itu ada baiknya melakukan riset singkat untuk menentukan harga sewa. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan potongan harga untuk beberapa penghuni kos pertama atau membuat reward untuk penghuni terbaik.

Tentunya kamu tak perlu mengeluarkan biaya perawatan secara rutin. Jadi estimasi total modal investasi yang dibutuhkan untuk membuka usaha sewa kamar kost-kostan sebesar Rp sixty one juta. Apalagi jika rumah kost disertai deretan fasilitas berkelas bagi para penghuni. Apabila lahan tempat berdirinya kos-kosan berada di lokasi yang dekat dengan aktivitas perkantoran atau kampus, permintaan akan kamar kost otomatis tinggi. Berbeda dengan sistem sewa rumah lainnya yang dibayar berkala, uang sewa kontrakan biasanya dibayarkan di muka. Kalau soal cocok atau tidak itu sih tergantung bagaimana feel ibu, yang penting kalau ibu rasa tanah/rumah tersebut so good di perasaan ibu dan sesuai harga pasar, saya rasa ambil saja.

Setidaknya, bagi Siti, pengeluaran yang berkurang itu adalah pertolongan dari Yang Di Atas. Televisi yang biasanya dipakai penghuni kos untuk nonton bareng di ruangan tersebut seolah duduk sendirian tanpa teman. Untuk Anda yang ingin mendapatkan ideas dan berita terbaru seputar keuangan, bisnis, pajak dan lainnya? Kunjungi dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony. Cara penghitungannya terbilang sederhana dan mudah, karena Anda hanya perlu menghitung penghasilan bruto dari persewaan kamar selama sebulan dan dikalikan 1%. Selanjutnya, Anda hanya perlu membayarkan selambat-lambatnya tanggal 15 bulan berikutnya.

Jadi, jika bisnis kos-kosan mendapatkan omset tidak lebih dari four,eight miliar rupiah per tahun, maka akan dikenakan PPh Final. Untuk pajak kos-kosan, PPh Final dikenakan tarif sebesar 1% dari total pendapatan yang diterima selama 1 bulan. Ketersediaan fasilitas kos juga jadi salah satu bahan pertimbangan konsumen.

Sistem perpajakan di atas telah diperbarui, dengan ketentuan dan penghitungan yang sudah jauh lebih mudah. Hal ini berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 34 Tahun 2017 berkaitan dengan Pajak atas Penghasilan dari Persewaan Tanah dan/atau Bangunan. Dari peraturan tersebut, diketahui bahwa penghasilan dari kos-kosan tidak termasuk sebagai penghasilan dari persewaan tanah dan/atau bangunan, melainkan digolongkan ke dalam penghasilan usaha. Dibutuhkan izin usaha TDUP dan pemenuhan komitmen ke Kementerian Pariwisata. Karena memerlukan TDUP yang perizinannya melalui OSS, maka pemilik rumah kost harus punya NIB. Jika melihat aturan untuk penyewaan, maka ada Peraturan Pemerintah No. 34 Tahun 2017 yang telah mengatur mengenai Pajak Penghasilan atas Penghasilan dari Persewaan Tanah dan/atau Bangunan.

Usaha kost-kostan

Hanya saja, memiliki bisnis kos-kosan ternyata bukan berarti tinggal bersantai dan menerima uang sewa. Glen Ramersan mengatakan ada dua persoalan yang kerap menjadi kendala pemilik dan pengelola kos-kosan. Pertama, ketidakstabilan pendapatan karena tingkat hunian tidak stabil, misalnya ada yang telat bayar atau menunggak. TEMPO.CO, Jakarta – Menjadi juragan kos-kosan tampaknya bisa menjadi cita-cita sekaligus investasi yang menarik.

Jika fasilitas dan konsep lebih baik dan memiliki berbagai keunggulan dibandingkan pesaing, Anda bisa mematok harga sewa lebih tinggi. Anda bisa lakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan harga sewa, seperti harga rata-rata dan fasilitas yang dimiliki kompetitor. Di Emporio Architect, kami memiliki tim yang lengkap seperti tim arsitek, interior, drafter, struktur sipil, serta modelling dan rendering yang tergabung dalam tim produksi. Dengan adanya tim yang tremendous lengkap ini, Anda mendapatkan pelayanan yang maksimal dan terpercaya sehingga Anda dapat menggunakan jasa desain inside kami saat selesai menggunakan jasa desain arsitek.

Alasan bagi mereka, harga yang ditawarkan sesuai dengan kemampuan finansial serta fasilitas yang didapatkan. Setelah eleven tahun menjalani bisnis tersebut, ia telah melunasi cicilan dari financial institution yang sebelumnya digunakan untuk membangun rumah kos. Sang penyewa angkat kaki sejak September lalu dan tidak memperpanjang kontrak sewanya. Si penyewa juga berhenti berjualan tiga bulan sebelum kontraknya habis lantaran warung baksonya sepi.