Nikita Mirzani Semprot Netizen Yang Minta Ikoy

Namun yang berbeda, cake kekinian milik Arief Muhammad dan Tipang, panggilan akrab Tiara Pangestika, yang diberi label “Cakekinian” ini masih bertahan hingga hari ini, loh. Bahkan, Arief Muhammad sukses membuka cabang Cakekinian hingga 8 outlet yang tersebar di lima kota berbeda, yaitu Jakarta, Bekasi, Bogor, Bandung, dan Yogyakarta. Harganya pun tergolong murah dibandingkan kue-kue lainnya, yaitu Rp 60,000 untuk berbagai rasa seperti Oleo , Milov (Milo, Red Velvet, dan rasa-rasa lainnya. Mereka, dalam kasus ini, menjadi pihak yang dirugikan dan kewalahan sehingga memicu rasa kesal maupun tidak suka. Todongan untuk melakukan aksi berbagi yang sama ini kemudian menciptakan kondisi yang sulit untuk para selebgram lainnya.

“Kalo lokasaji namanya bukan ikoy ikoy an tapi icha ichaan, suruh si icha kirim lokasaji ke alamat kamu langsung dm aja lokasaji. Bilangnya yg baik ya jgn maksa, lagi hamil soalnya jadi moody entar,” tulis Rachel dalam sebuah unggahan InstaStorynya dengan menandai salah satu akun usaha kuliner miliknya. Selain itu dirinya juga merasa tidak nyaman untuk menghamburkan uang atau barang demi ikutan tren yang kemudian ditunjukkan ke media sosial. Permainan ikoy-ikoyan ini cukup mirip dengan giveaway, yakni figur publik membagikan uang atau hadiah untuk para pengikutnya di media sosial.

Sebab, ia sudah melakukan hal ini kurang lebih sejak satu bulan yang lalu. Karena trenikoy-ikoyan ini, banyak pengusaha teman Arief yang sering menitipkan rezeki mereka untuk dibagikan kepadafollowers-nya. Sehingga, Arief bisa sering Beli Free Spin mengadakanikoy-ikoyan yang jumlahnya fantastis. Tak menunggu waktu lama, ribuan pesan masuk ke Instagram Arief berharap akan keberuntungannya malam itu. Hanya puluhan pesan yang dibalas dan mendapat ‘uang kaget’ dari Arief.

Banyak pengikut Arief yang kemudian mengajak artis lain untuk ikut tren giveaway ini. Terlebih lagi, para sosok populer di media sosial kini dinilai dari cara mereka bersikap secara sosial di dunia maya. Program berbagi yang viral itu memberikan dampak pada sejumlah selebgram lainnya yang ditodong warganet untuk melakukan hal serupa.

Siapa pencetus Ikoy-ikoy

Namun meski terdengar seru dan menarik, tidak semua artis setuju dan mau mengikuti tren tersebut. Bahkan ada yang merasa terganggu karena terus diminta oleh netizen untuk ikut ikoy-ikoyan. Bahkan, kata ini mendadak menjadi trending topic di Twitter dan Instagram, bersamaan dengan nama Arief Muhammad.

Tren ini bermula saat Arief mencoba untuk berbagi rezeki kepadafollowers Instagram-nya. Arief mengatakan bahwa saat ini, ia sedang dititipi rezeki oleh orang baik. Sehingga, siapa pun yang sedang butuh uang dipersilakan untuk mengirim DM ke Instagram-nya. Pesan tersebut berisikan kebutuhan apa yang sedang ingin dipenuhinya dan jika bisa sebutkan nominal yang dibutuhkan.

Terkadang, kebaikan orang lain yang tulus memberi justru dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan oleh oknum nakal. Parahnya, oknum-oknum ini bahkan menggunakan pandemi sebagai alasannya untuk meminta-minta kepadainfluencer. Setelah dipilih secara acak, Arief Muhammad akan mengabulkan permintaan warganet tersebut dan mengirim sejumlah uang dengan nominal yang juga acak. Kamu juga bisa kok menjadi salah satu pengikut Arief yang beruntung. Cara ikut main ikoy-ikoyan tentu saja kamu harus follow akun Instagram Arief Muhammad. Jika ingin peluang dapat hadiahnya lebih besar, kamu bisa follow juga semua akun bisnis Arief mulai dari Baso Aci Akang hingga Billionaires Project.

Sontak, tren berbagi Ikoy-ikoyan ini viral dan banyak warganet yang kemudian menyerbu artis dan influencer lainnya untuk ikut meramaikan. Ada salah satu netizen yang hanya meminta kuota web dan Mas Arief langsung memerintahkan salah satu karyawannya untuk mentransfer uang 5 juta. Doi sendiri bilanng bahwa ia suka dengan gaya netizen tersebut yang singkat, padat, dan jelas. Dalam waktu singkat, gerakan bagi-bagi uang dari Arief Muhammad ini menjadi trending di media sosial.

Sebagai informasi, development ikoy-ikoyan beberapa waktu belakangan hingga hari ini masih ramai di media sosial. Sama halnya dengan #WomenSupportingWomen, #BlackLivesMatter juga ramai digaungkan di Instagram. Semenjak kematian dari George Floyd karena diinjak oleh seorang oknum polisi, solidaritas masyarakat muncul. Bukan hanya di dunia maya, protes juga dilakukan secara langsung dengan turun ke lapangan.