Mahasiswa Juga Bisa Menjadi Pengusaha

Jika tidak banyak ilmu bisnis yang diajarkan dosen di kelas, seminar bisnis dapat menambah pengetahuan bisnis Anda yang akan berguna ke depannya. Anda bisa mendapatkan banyak teman dan kenalan dengan aktif di berbagai kegiatan komunitas, baik himpunan mahasiswa maupun komunitas lain di luar kampus. Sebab hal-hal terpenting ialah Anda memang punya niat untuk berbisnis, punya karakter seorang pemimpin dan entrepreneur, serta mau belajar sungguh-sungguh selama kuliah. Nantinya, Anda pasti akan siap untuk memulai bisnis dan bisa menjadi orang sukses.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Sebagai titik balik, bersama mahasiswa hukum lainnya yang hobi musik, teater, tari, dan manajemen bakat, Muthia memprakarsai sebuah organisasi seni. Ia menyebutnya Law’s Art Performers, yang mereka jadikan rumah untuk pulang dari aktivitas yang melelahkan, sekaligus tempat bermain dan belajar untuk mahasiswa hukum yang memiliki bakat serta minat sebagai pemikat sekaligus penikmat seni. Niatnya masuk fakultas hukum memang bukan untuk menjadi pengacara, jaksa, hakim, atau profesi hukum lainnya. Tak heran, empat tahun menempuh pendidikan hukum di Universitas Indonesia menjadi masa pergulatan batin bagi perempuan muda bernama Muthia Zahra Feriani. Ia menjalani hari-hari di ruang kelas tanpa keutuhan rasa dan karsa.

“Kendala yang dihadapi tidak menyurutkan semangat dalam menjalani usaha. Untuk menarik konsumen, Aku menyediakan promo yang disebarkan melalui sosial media. Berwirausaha itu kita harus siap menantang diri sendiri apapun resikonya dan yang terpenting kita harus yakin dan percaya diri,” serunya. “Sebelumnya saya juga pernah presentasi terkait pemanfaatan pulau kosong di Indonesia untuk sarana peternakan sapi potong di Ho Chi Minh National University diselenggarakan atas kerja sama negara ASEAN mbaa di Ho Chi Minh, Vietnam,” tambahnya. Disini kita akan diberikan pengetahuan gimana caranya memulai usaha, mengembangkan, dan menjaga existensi dari usaha kita lhoo.

Bisnis jasa pengiriman merupakan bisnis sampingan dengan memanfaatkan motor. Bisnis sampingan ini sangat menguntungkan, karena tidak memerlukan modal yang besar. Namun Anda wajib memiliki kendaraan dan mengenal baik wilayah pengiriman, agar tidak tersesat dan tidak menghabiskan banyak BBM.

Namun, Sam gak patah semangat dan mencari cara terbaik untuk memperbaiki kemasannya. Kini, dalam sebulan, Sam bisa mendapatkan omzet hingga Rp 50 juta. Dalam kesempatan yang sama, dosen Fakultas Pertanian Unas yang menjadi narasumber dalam webinar tersebut, Ir.

Lebar