Kisah Mbah Karsiman Yang Hidup Seorang Diri, Tapi Saat Meninggal Dunia Bikin Bahagia Warga Satu Kampung

Tema seminar kali ini ialah ’Mewujudkan Nilai-nilai Pancasila untuk Indonesia Bersatu dan Berkemajuan’. Kami sampaikan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila secara rutin diselenggarakan oleh Universitas Negeri Semarang sebagai kampus yang mengkonservasi dan menjadi benteng Pancasila. Meski pun demikian, karena ini suasana pandemi maka kami laporkan kepada Bapak Rektor, Fakultas Ilmu Sosial yang mendapatkan tugas dari Bapak tidak bisa menyelenggarakan dengan cara upacara seperti biasanya tetapi diselenggarakan secara khusus dalam bentuk seminar nasional,“ jelas Dr Mustofa. Ekspedisi ini nantinya akan dilaksanakan di Taman Nasional Manusela tepatnya di Gunung Binaya, Seram, Maluku. “Saya ucapkan selamat kepada mahasiswa FT UNNES. Semoga dapat membanggakan dan mengharumkan UNNES sebagai universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional,” ungkap Prof Fathur. Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik FIP UNNES Farid Ahmadi PhD mengatakan ICTPES ini merupakan konferensi internasional perdana yang diadakan oleh Jurusan PLS, dan termasuk sebagai salah satu program kerja bidang akademik tentu Fakultas Ilmu Pendidikan mendukung penuh terselenggaranya kegiatan ini.

Viral live di tik-tok menghitung beras

Lebih lanjut, Prof Tandiyo berharap Kegiatan ini dapat dioptimalkan untuk mendukung kegiatan akademik dosen dan mahasiswa, baik untuk kegiatan penelitian, magang, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Naskah orasi ilmiah Nurdin Halid memaparkan dua argumentasi dasar perlunya pendekatan ekonomi terapan dalam pengembangan industri olahraga nasional. Pertama, industri olahraga memiliki dimensi luas sehingga pengembangannya harus multi-disipliner, mulai dari ilmu ekonomi mikro dan makro, pemasaran, komunikasi, IT, hingga sosiologi, budaya, politik, gizi, dan psikologi. Kedua, bahwa lingkungan eksternal semua lembaga berskala global, regional, nasional dan lokal sulit diproyeksi secara akurat karena arus perubahan yang terus terjadi secara cepat. Maka, satu-satunya cara yang dapat dikendalikan justru faktorfaktor internal lembaga atau badan usaha.

“Pertama saya menyampaikan selamat kepada tiga profesor baru yang hari ini akan dikukuhkan. Saya berharap besar para profesor dapat berperan menjadi lokomatif yang menggerakkan kemajuan akademik universitas ini melalui karya pemikiran, penelitan, dan inovasi. Dengan karya inovatifnya para profesor juga harus menjadi obor yang menjaga semangat keilmuan para mahasiswa tetap menyala sehingga mereka menjadi pribadi yang mencintai ilmu pengetahuan,” ucap Rektor. Rektor UNNES menjelaskan, UNNES tidak henti-hentinya melakukan berbagai lompatan untuk mendukung inovasi dan prestasi sehingga turut andil dalam pembangunan bangsa dan negara.

Kebanyakan dari mahasiswa belum memahami, pentingnya menulis bagi kehidupan mereka di masa yang akan datang. “Bayangkan orang yang saat ini tengah berjuang untuk sembuh karena terpapar covid-19, bayangkan keluarganya yang isoman, bayangkan mereka yang masih harus berjuang melakukan berbagai usaha. Scan KTM, KTP, KK, SKTM, transkip nilai, bukti pembayaran UKT dan surat keterangan kematian jika orang tua sudah meninggal. “Visi ini diperlukan agar dalam menjalani profesinya guru terus bertumbuh kapasitas, kompetensi, dan kebermanfaatannya,” pungkasnya. Seiring berjalannya waktu, dunia terus bertransformasi dan perubahan terjadi di semua lini kehidupan.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan melalui platform Zoom Meeting dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube PKn TV ini, hadir sebagai narasumber cendekiawan sekaligus aktivis Pancasila Yudi Latif MA PhD dan dosen Jurusan Politik dan Kewarganegaraan Noorochmat Isdaryanto SS MSi. Pelaksanaannya dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat diantaranya sebelum pelaksanaan Shalat Idul Adha semua ruangan, tempat parkir dan halaman masjid disemprot dengan disinfektan sesuai dengan pedoman dari Tim Covid-19 UNNES. “Masa pandemi seperti saat ini menuntut kita untuk senantiasa berhati-hati dan waspada. Maka tak mengherankan, jika salat kali ini, kita selenggarakan dengan disiplin protokol kesehatan yang tinggi,” ungkap Drs Anwar Haryono MPd dalam khutbahnya. Dalam kegiatan yang bertempat di Halaman Masjid Ulul Albab kampus UNNES ini, Rektor didampingi oleh segenap jajaran pimpinan universitas. Dengan mengusung tema “Strengthening Disease Prevention through Kong4D Slot Health Education and Physical Activity for Sustainable and Equitable health Development”, webinar ini dihadiri oleh 300 partisipan dari 9 negara dan one hundred thirty five di antaranya merupakan presenter oral dan poster.