Ini Tips Agar Pelaku Umkm Bisa Bertahan Hadapi Krisis Akibat Pandemi Virus Corona

Muncul berbagai solidaritas dari pemimpin kampus, para alumni, dan orangtua untuk membantu pangan mereka. Selain itu, cari referensi lebih banyak dari materi yang sudah diberikan. Umumnya dosen hanya memberikan poin-poin penting, lantas mempersilahkan mahasiswa untuk mengembangkannya sendiri.

Gunakan frasa atau kata kunci yang sering dicari orang dengan mengetik “cara ” di judul konten. Belakangan, banyak content material creator membuat video panduan atau kursus tertentu yang diunggah di Youtube. Selain itu, ciptakan identitas merek kuat, manfaatkan jejaring sosial untuk menjaring ide baru dan memberikan penawaran, serta berkomitmen untuk menindaklanjuti rencana yang sudah disusun. Sedangkan data dari Kamar Dagang Industri menunjukkan angka lebih besar. Hingga bulan Mei 2020, sebanyak 6 juta pekerja di Indonesia sudah terkena PHK dan dirumahkan karena banyak perusahaan tidak memiliki cashflow yang normal. Untuk membangun sebuah perusahan yang besar, tentu di dalamnya perlu ditunjang dengan tim atau karyawan yang stable.

Pemerintah juga perlu berhati-hati untuk memberi kebijakan menuju kehidupan new normal karena membuat rencana kolonggaran aktivitas sosial akan memicu proses penularan yang berpotensi besar dan sangat mungkin terjadi. Jangan sampai gelombang besar kedua penularan akan menjadi sejarah di tanah air. Mengingat kasus positif corona belum mengalami penurunan yang signifikan akibat kebijakan yang dikeluarkan belum tepat. Hal ini sangat penting, jangan sampai terdapat masyarakat yang sudah terindikasi memilih tetap bertahan di rumah karena takut akan bayangan mahalnya biaya pengobatan rumah sakit. Layanan masyarakat terhadap publikasi kebijakan ini harus selalu didengungkan melalui berbagai media massa. Terlebih lagi kesehatan fisik dan psikis masyarakat yang terjadi akibat manganggur, tentu akan menjadi sangat terganggu.

Sampai kemudian, keluar himbauan bahwa masker medis diperuntukkan bagi para pejuang garda terdepan dalam menangani pasien covid dan untuk masyarakat bisa dengan masker kain sebagai alternatif. Umumnya modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, selain itu lebih fleksibel. Untuk memulai peluang usaha rumahan di saat Pandemi seperti sekarang ini, yang perlu dilakukan adalah memaksimalkan bakat dan minat untuk membuat sesuatu sehingga diminati atau dibutuhkan orang lain. Hal ini membuat usaha perdagangan bahan pokok menjadi salah satu sektor yang bertahan bahkan semakin melonjak permintaannya ditengah pandemi.

Bisnis mahasiswa saat corona

Satu hari saja mereka tidak bekerja, maka tidak ada yang dapat dimakan untuk hari itu dan esoknya. Sudah berapa berita tentang keluarga yang kesusahan bertahan hidup di tengah pendemi ? Kesulitan dalam hal pemenuhan kebutuhan hidup akibat tidak mempunyai penghasilan menjadi hal yang dihadapi masyarakat. Ditambah lagi dengan menumpuknya beban keluarga terhadap biaya yang harus terus berlanjut seperti cicilan kredit, tanggungan air, listrik, dan lain sebagainya.

Kemudian sektor UKM berbasis peluang dan inovasi yang tentunya lebih mudah melakukan adaptasi saat ini. “Saat hasil jahitannya selesai dan diberikan gaji ada ibu-ibu yang menangis karena tidak membayangkan bisa mendapatkan uang dalam kondisi ekonomi sulit saat ini,” ujarnya. Dengan mempekerjakan hingga 70 orang karyawan ia mampu memproduksi hingga 100 baju hazmat per hari yang saat ini dibutuhkan para medis. Ia berpesan apa pun yang terjadi jangan menyalahkan situasi dan yang harus dilakukan adalah mengambil peluang dan kesempatan ketimbang hanya meratapi nasib dan keadaan. Ia mulai fokus menjual APD sejak awal April 2020 dan saat ini permintaan cukup banyak terutama dari orang yang hendak berdonasi.

Lebar