Ini Cara Mengatur Keuangan Di Tengah Wabah Corona

Untuk pos yang kedua yakni pos tagihan yang bersifat wajib dan tidak dapat diganggu gugat. Pos tagihan ini dialokasikan sebanyak 30% dari pendapatan rumah tangga. Pos tagihan mencakup biaya listrik dan air, tagihan asuransi, cicilan rumah, dan biaya angsuran lain yang memiliki sifat wajib untuk dibayar. Jika yang terjadi seperti itu, sudah seharusnya Anda melakukan revisi terhadap anggaran tersebut. Bandingkan dengan catatan pengeluaran harian Anda, untuk mengetahui untuk kebutuhan apa saja Anda mengeluarkan dana yang besar. Tabungan yang secara disiplin dan rutin Anda lakukan dapat ditujukan untuk investasi kecil-kecilan seperti deposito atau tujuan lainnya yang ingin Anda capai.

Tips mengatur keuangan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Momen Idul Fitri merupakan hari spesial bagi semua orang, teruatama umat Islam. Baik itu ongkos mudik, serta untuk memenuhi kebutuhan lebaran lainnya. Setelah semua pos pengeluaran yang wajib terpenuhi, tidak ada salahnya menggunakan uang THR yang tersisa untuk memanjakan diri. Namun, sesuaikan keinginan dengan bujet yang tersedia agar tak menyesal kemudian lantaran dana simpanan habis untuk bersenang-senang. Menyisihkan sebagian dana THR untuk tabungan darurat atau investasi patut dipertimbangkan.

Kamu tentu boleh sesekali menikmati pengeluaran ekstra, namun jangan dikondisikan untuk kalap di bulan-bulan kaya dan kembali normal di bulan-bulan lainnya. Di saat kamu sedang berkelimpahan, tetap antisipasi dengan beragam cara dibawah ini. Biaya tetap yaitu biaya-biaya yang sudah pasti dan selalu akan dikeluarkan oleh pemilik toko online perbulannya.

Misalnya, biaya sewa internet hosting dan area, gaji pegawai, biaya listrik, biaya web dan lainnya. Dengan mencatat biaya tetap, memudahkan pemilik toko online untuk memperkirakan pengeluaran perbulannya. Jika tidak dikelola dengan baik manajemen keuangan bisa menjadi penyebab kegagalan bisnis kita. Sebagai pemula di bisnis on-line ataupun bisnis yang lain, kita harus bisa membuat laporan keuangan sederhana yang dibuat secara rutin. Hal ini perlu dilakukan agar arus keuangan tercatat dengan rapi dan pendapatan tiap bulannya terkontrol dengan baik.

Salah satu cara mengatur keuangan bagi anak kuliah adalah dengan disiplin menabung. Dengan rutin menabung, kamu bisa memulai investasi sejak kuliah. Uang tabungan tersebut akan berguna di masa depan, seperti membeli printer agar tidak membuang uang untuk print tugas-tugas kuliah maupun skripsi. Dana darurat adalah dana yang dipersiapkan untuk digunakan dalam keadaan darurat, seperti apabila kamu jatuh sakit atau anggota keluarga mengalami kesusahan. Tentu saja sebagai jaga-jaga menggantikan penghasilan utama kamu di kondisi terdesak.

Langkah ini perlu dilakukan untuk memastikan kesiapan diri dan keluarga menghadapi keadaan terburuk di masa datang. Disadari atau tidak, hubungan antara kesehatan finansial Anda dengan kondisi kejiwaan bagaikan lingkaran setan. Kondisi kejiwaan yang tidak stabil akan menyulitkan Anda dalam mengatur keuangan, di sisi lain ketidakmampuan Anda dalam mengatur cash flow juga akan memengaruhi kesehatan mental. Di tengah pandemi, ada baiknya meluangkan waktu untuk meningkatkan keahlian. Apalagi untuk orang-orang yang saat ini memiliki lebih banyak waktu senggang dan juga untuk mereka yang tidak memiliki gelar sarjana agar menempuh pendidikan, jelas Cole-Davis. Jika terasa sulit untuk mengumpulkan dan darurat dalam jumlah besar di waktu singkat, Cole-Davis menyarankan untuk mulai menabung dengan nominal kecil dan secara bertahap menambah jumlahnya.

Menggunakan kartu kredit atau kartu debit memang hal yang sangat mudah untuk pembayaran. Dengan menggunakan kartu, pengguna bisa lupa berapa banyak uang yang dibelanjakan. Jika tidak berhati-hati, anggaran bisa bertambah dan keuangan akan kacau. Untuk membuat keuangan rumah tangga lebih teratur, ada baiknya untuk membuat kalender tagihan setiap bulan.

Misalnya bisa ajak jalan-jalan istri ke tempat favoritnya, asuransi pendidikan untuk anak, dan lainnya. Anda bisa manfaatkan belanja yang murah dan mudah yang ditawarkan Shopee, yang berlangsung dari tanggal 25 sampai 27 Desember 2020. Karena di waktu itu Anda bisa mendapatkan barang yang lebih hemat alias murah, mudah dan efektif. “Ada yang merasa karena itu penghasilan tambahan, jadi bisa dipakai untuk hal-hal yang non prioritas. Karena itu, kami menyarankan agar mulai menginvestasikan penghasilan tambahan mereka untuk tujuan masa depan ke pilihan aset investasi jangka panjang seperti instrumen pasar modal,” tutupnya.

Produktivitas tinggi di kantor akan menjamin pekerja mendapatkan kenaikan gaji untuk mencapai kualitas hidup yang lebih layak. Disamping menyelesaikan kuliah dengan baik, tentu Anda perlu belajar juga untuk menambah pundi-pundi di masa depan dengan cara investasi. Anda bisa memulainya dengan risiko yang kecil seperti deposito atau reksa dana.

Lebar