Dana

Dana darurat bisa membantu Anda melalui krisis di tengah COVID ini untuk membayar tagihan-tagihan yang terus berjalan meski pemasukan berkurang. Sebisa mungkin tidak melakukan hutang – berhutang menjadi hal yang tidak wajar bagi etnis Tionghoa. Lebih baik menabung atau menyisihkan uangnya hingga cukup, dibandingkan melakukan kredit atau berhutang. Namun, jika memang tidak bisa dihindari, berhutang ke Bank atau perusahaan pembiayaan bisa atau mungkin dilakukan dengan prinsip konsistensi dan bertanggung jawab untuk membayarnya.

Masih banyak orang beranggapan lebih aman menyimpan uang di rumah daripada di financial institution atau tempat penyimpanan lainnya. Selain rawan dicuri, keberadaan uang tunai yang mudah dijangkau, membuat kita dengan mudah pula menggunakan atau membelanjakannya. Tidak peduli seberapa besar pendapatan yang diterima, jika uang tidak dikelola dengan baik maka krisis keuangan pribadi dapat saja terjadi.

Untuk menyisihkan uang makan ini bisa menggunakan trik ‘masak sendiri’. Jadi, pengeluaran uang makan akan lebih irit dibandingkan dengan membeli di warung atau restoran. Pada dasarnya mengelola keuangan adalah hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan.

Banyak bisnis yang gagal dikarenakan pengelolaan keuangannya yang salah dan tidak rapi. Padahal, setiap perputaran kas yang masuk dan keluar harus benar-benar dirinci dengan baik. Tak ada salahnya untuk membuka tabungan pendidikan saat anak masih sangat kecil. Jadi, ketika sudah waktunya masuk sekolah ada dana yang siap dipakai dan tak langsung menguras isi rekening.

Terlebih berkebun hidroponik tidak memakan lahan dan biaya yang mahal. Nah, tak ada salahnya nih mengalihfungsikan hobi untuk memenuhi kebutuhan pangan. Apalagi di masa pandemi, berkebun dengan budidaya tanaman hidroponik dan budikdamber tengah menjadi aktivitas yang booming.

Tips mengatur keuangan

Jika Parents biasanya doyan jajan, cobalah menahan diri dengan hanya menganggarkan dana untuk kebutuhan yang benar-benar penting. Itulah beberapa hal yang bisa kamu perhatikan ketika ingin memiliki keuangan yang gemilang di masa mendatang. Semakin cepat kamu memulai memperbaiki pengelolaan keuangan maka semakin cepat juga kondisi stabil keuangan didapatkan. Apalagi semakin hari kebutuhan tidak semakin murah, melainkan semakin melambung tinggi.Tidak ada kata terlambat jika kamu segera bergegas untuk memulainya segera.

Lebar