10 Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga Yang Menghasilkan Uang

Seperti halnya bartender, kamu memerlukan sertifikat RSA jika restoran menyajikan alkohol. Kelima ide usaha di atas adalah jenis bisnis yang cocok dilakoni oleh para ibu rumah tangga. Usaha tersebut bisa dikerjakan sambil mengasuh anak atau mengurus rumah.

Membangunkan anak sahur di bulan puasa memang jadi tantangan tersendiri. Tenang, simak berbagai tips membangunkan anak sahur berikut ini. Teti bilang, dia dan buruh-buruh pelipat lainnya tidak bisa menuntut upah yang lebih, karena standing kerja mereka sebagai karyawan tidak tetap atau kuli harian. Menurut International Labour Organization , pekerjaan rumahan jenis ini hanya mengejar upah semata. Dalam praktiknya, pekerja rumahan acap kali tak mendapat fasilitas berupa peralatan yang mereka gunakan. Akhirnya, Sassa terinspirasi saat melihat tayangan televisi tentang pemanfaatan kaleng bekas untuk dijadikan pernak-pernik unik dan lucu.

Atur jadwal Anda agar tidak saling bertubrukan satu sama lain, pastikan Anda melakukan satu kegiatan dalam satu waktu agar tidak mengurangi fokus di kedua pekerjaan itu sendiri. Apabila jadwal berbarengan, bagi waktu dan tanggungjawab bersama suami atau minta bantuan orangtua. Saat anak tidur siang, ibu bisa gunakan waktu ini untuk menyelesaikan tugas.

Nah kisaran upah yang bisa didapatkan cukup menggiurkan, yaitu antara Rp50 ribu hingga Rp150 ribu per artikel. Tapi ada juga yang menawarkan satu harga untuk artikel borongan dan gaji tetap melalui kontrak bulanan. Sayang banget kalau kamu gak memanfaatkan kelebihan kamu ini untuk jadi peluang dapat uang. Dengan begitu, kamu bisa menyalurkan ilmu sekaligus dibayar dengan jadi tutor. Dibanding dengan anak SMA, SMP, bahkan SD, sudah pasti pengetahuan dan wawasan yang kamu punya di atas mereka.

Seringkali keuntungan yang didapatkan langsung digunakan untuk kepentingan keluarga dan tidak dicatat dalam catatan keuangan. Ini membuat Anda tidak benar-benar melihat wujud keuntungan yang harusnya didapatkan. Padahal catatan keungan sebenarnya sangat diperlukan untuk menentukan bagaimana perkembangan bisnis saat ini dan bagaimana rencana pengembangan selanjutnya. Selain memakai banyak waktu, perjalanan ke kantor baik dengan transportasi publik ataupun kendaraan pribadi juga membutuhkan banyak tenaga.

Bekerja sambil di rumah

Awalnya, Sassa mengaku mempromosikan hasil kerajinannya melalui situs jejaring sosial Facebook. “Ternyata banyak yang minat dan akhirnya banjir pesanan dari mana-mana,” katanya. Hasilkan uang tambahan sekarang dengan menjual barang-barang di komunitas Anda. Sebagian orang membuat ruang kerja darurat, baik itu di meja makan, di meja rias, bahkan tak jarang yang kerja dari atas kasur alias sambil rebahan. Wah, menjadi freelance graphic designer bisa banget, nih, untuk kamu lakukan. Sebagai freelance, kamu bebas mengerjakan pekerjaanmu dengan nyaman.

Keharusan untuk merawat anak dan tidak ingin dititipkan di tempat penitipan anak membuat Anda sulit untuk meninggalkan rumah dalam waktu lama. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone. Sakit punggung adalah masalah umum yang dapat menyebabkan nyeri hebat dan komplikasi kesehatan lainnya.